header-int

UIR Terjunkan 29 Mahasiswa dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Rabu, 20 Mar 2024, 15:48:47 WIB - 166 View
Share
UIR Terjunkan 29 Mahasiswa dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

UI kali ini juga turut serta dalam kegiatan Program lama kita yaitu Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 yang akan diselenggarakan bertempat di Pulau Tidung, di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta atau biasa kita sebut ibu kota. Program ini berlangsung pada tanggal satu hingga delapan Oktober dua ribu enambelas. UI mengirimkan 29 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk melaksanakan 9 program pengabdian di Pulau Tidung. Program nirlaba ini terbagi dalam tiga tema utama yaitu industri kreatif, kesehatan lingkungan, dan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi sosial budaya Pulau Tidung.

Program ekonomi kreatif yang dilaksanakan meliputi pelatihan produksi minyak kelapa murni (VCO) bagi ibu-ibu rumah tangga, pembuatan website dengan domain village.id dan pembuatan peta potensi wisata Pulau Tidung. Nantinya, halaman yang dibuat akan menjadi saluran media untuk mempromosikan badan usaha masyarakat dan potensi wisata Pulau Tidung ke seluruh masyarakat.

“Beberapa anggota tim kami, mahasiswa geografi, juga membantu pihak kecamatan memetakan potensi wisata Tidung dengan menggunakan aplikasi geografi,” kata Putri, General Manager program ENJ UI.

Selain itu, tim UI juga mengusulkan program edukasi UKS (Unit Kesehatan Sekolah) Cerdas bagi dokter kecil di Pulau Tidung berupa materi pengetahuan dasar gizi dan pola hidup sehat. Selain itu, untuk melaksanakan program kesehatan lingkungan, tim UI melakukan layanan inspeksi gratis pada hari pertama dan bekerja di tingkat masyarakat untuk membersihkan pantai pada hari terakhir.

Pada saat yang sama, program pendidikan mencakup pembentukan komite berbahasa Inggris, materi pendidikan dalam bahasa Inggris untuk siswa pelatihan kejuruan dan program pelatihan tentang tempat pembuangan sampah kota. Semua program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga lokal dan memaksimalkan potensi lokal untuk meningkatkan pariwisata lokal.

ENJ merupakan program eksplorasi bahari nusantara yang melibatkan generasi muda Indonesia yang terdiri dari pelajar, penjelajah, dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Tahun ini ENJ mengangkat tema semangat pemuda dengan mengusung tema utama “Meningkatkan pengetahuan kelautan generasi muda dan menghubungkan pulau-pulau perbatasan NKRI”.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube
nexus slot