header-int

Apa Itu Demokrasi Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Kamu Warga Negara Yang Baik!

Kamis, 21 Mar 2024, 11:39:41 WIB - 92 View
Share
Apa Itu Demokrasi Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Kamu Warga Negara Yang Baik!

Wawasan demokrasi, sejarah dan implementasinya di Indonesia Dalam negara demokrasi, kekuasaan tertinggi adalah rakyat. 

Demokrasi adalah kata yang umum digunakan. Tapi apa yang kita maksud dengan demokrasi? Ada banyak pandangan mengenai penafsirannya. Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.
Memahami demokrasi

Menurut KBBI, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan atau sistem pemerintahan yang diperantarai oleh rakyat secara keseluruhan dan oleh pemerintah melalui wakil-wakilnya; Pemerintahan yang populer. Oleh karena itu, KBBI juga mengartikan demokrasi sebagai suatu gagasan atau visi hidup yang menekankan pada persamaan hak dan tanggung jawab, serta perlakuan yang sama terhadap seluruh warga negara.

Menurut para ahli, definisi demokrasi sangat beragam. Sidney Hook kemudian mendefinisikan demokrasi sebagai suatu bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan besar pemerintah, secara langsung atau tidak langsung, didasarkan pada persetujuan yang diungkapkan secara bebas dari mayoritas penduduk dewasa.

Joseph Schumpeter kemudian mendefinisikannya sebagai proses institusional pengambilan keputusan politik di mana individu memperoleh kekuasaan dalam pengambilan keputusan dengan bersaing untuk mendapatkan suara terbanyak.

Menurut Fort, demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota masyarakat politik dewasa berpartisipasi, berdasarkan sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah pada akhirnya bertanggung jawab atas tindakannya terhadap mayoritas tersebut.
Koentjoro Poerbopranoto menjelaskan dalam “Sistem Pemerintahan yang Demokratis” bahwa demokrasi adalah suatu sistem yang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemerintahan suatu negara.

Lebih lanjut Harris Soche dalam “Rule of Law and Principles of Democracy in Indonesia” menyatakan bahwa demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan kerakyatan dan oleh karena itu kekuasaan pemerintahan ada di tangan rakyat, bangsa secara keseluruhan; dan merupakan hak rakyat, atau hak banyak orang, untuk berorganisasi, membela diri, dan dilindungi dari pemaksaan dan kekerasan oleh orang lain atau pihak berwenang yang bertanggung jawab terhadap pemerintah.

Hakikat demokrasi

Pada dasarnya hakikat demokrasi adalah memberdayakan rakyat. Lebih lanjut, dalam bahan ajar demokrasi Dwi Sulisworo dkk disebutkan bahwa hakikat demokrasi menyangkut tiga hal.

1. Pemerintahan Rakyat

Mengandung makna yang berkaitan dengan kewenangan hukum di mata masyarakat atau penguasa hukum. Legitimasi atau pengakuan ini penting bagi pemerintah dalam melaksanakan birokrasi dan programnya.

2. Pemerintahan rakyat

Pemerintahan harus dijalankan atas nama rakyat dan bukan atas kebijaksanaan mereka sendiri. Populasi juga memegang kendali. Proses pengendalian dapat berlangsung secara langsung maupun tidak langsung (melalui lembaga pengendalian).

3. Pemerintahan untuk rakyat

Kekuasaan yang diberikan rakyat kepada pemerintah dilaksanakan untuk kepentingan rakyat. Oleh karena itu, pemerintah harus menjamin kebebasan sebesar-besarnya bagi warga negara untuk menyampaikan keinginannya. Perpindahan ini dapat terjadi secara langsung maupun melalui media.

4. Sejarah demokrasi

Jika menilik sejarah, demokrasi pertama kali berkembang pada zaman Yunani kuno, sekitar tahun 500 SM. Kata demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani, demos berarti ‘rakyat’ dan Kratos berarti ‘kekuasaan’. Secara harfiah, masyarakat Yunani kuno memandang demokrasi sebagai pemerintahan oleh rakyat.

Demokrasi Indonesia

Indonesia adalah negara demokratis. Dalam perkembangannya, Dwi Sulisworo dkk membagi demokrasi

Indonesia menjadi empat periode.

Periode pertama – demokrasi konstitusional (1945-1950). Saat itu, peran parlemen dan partai sangat penting.

Periode kedua, demokrasi pemerintahan (1959-1965). Awal periode ini ditandai dengan dikeluarkannya keputusan presiden. Periode ini efektif berakhir dengan terjadinya peristiwa G30S pada tanggal 30 September 1965.

Periode ketiga, Demokrasi Pancasila (1965-1998). Secara keseluruhan, periode ini didasarkan pada landasan demokrasi konstitusional yang bercirikan sistem presidensial.

Periode keempat: demokrasi pasca reformasi (1998–sekarang). Itu cenderung mengalami banyak perubahan. Partai politik baru bermunculan dan pemilihan umum diselenggarakan secara langsung dan sistematis.

Itulah tadi penjelasan aku tentang Apa Itu Demokrasi yang harus kalian tahu dan pelajari jika kalian warga indonesia yang baik, Semoga artikel membantu kalian ya gaes.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube