header-int

Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Eksplanasi Beserta Jenis-Jenisnya!

Minggu, 24 Mar 2024, 10:46:45 WIB - 189 View
Share
Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Eksplanasi Beserta Jenis-Jenisnya!

Apa Itu Teks Eksplanasi?

Teks Eksplanasi merupakan suatu bentuk tulisan yang menjelaskan proses terjadinya atau terciptanya suatu peristiwa atau fenomena. Dalam teks ini kami mengacu pada fenomena sosial, alam, politik, hukum, ekonomi dan budaya.
Teks eksplanasi akhirnya menjelaskan asal muasal fenomena tersebut. Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan hubungan sebab akibat atau sebab akibat suatu peristiwa yang ada dalam suatu artikel atau teks yang kamu buat.

Teks eksplanasi sendiri biasanya terdapat pada buku teks sains atau pada buku teks umum ilmu pengetahuan alam, geografi, sejarah, dan kebudayaan. Saat ini Anda juga dapat menemukan teks penjelasan di artikel online yang tak terhitung jumlahnya.

Lantas, apakah teks ekspositori memiliki ciri-ciri tertentu dibandingkan dengan bentuk teks lainnya? Bagaimana struktur teks eksplanasi? Pelajari lebih lanjut tentang legenda di artikel ini.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi.

Sebuah teks eksplanasi mempunyai serangkaian ciri yang membedakannya dengan teks lainnya. Ciri-ciri teks eksplanasi dirinci di bawah ini:

Informatif

Informasi yang diberikan bersifat faktual atau faktual.
Informasi yang dijelaskan disajikan dalam bentuk fenomena yang dapat dijelaskan secara ilmiah.
Isi teks tidak berusaha mempengaruhi pembaca.
Menjelaskan sebab dan akibat dari peristiwa tersebut.
Dari segi penggunaan kebahasaan, teks eksplanasi didasarkan pada bahasa baku.
Gunakan kalimat tidak langsung
Beberapa istilah diperlukan untuk menjelaskan fenomena ini.

Struktur teks eksplanasi

Merujuk pada buku “Pasti Bisa Berbahasa Indonesia”, susunan tim operasional Ganesha, struktur teks eksplanasi terdiri atas:

1. Pernyataan umum

Pernyataan umum membuka teks penjelasan. Pada bagian ini Anda akan menerima gambaran umum pertama atau informasi singkat tentang apa yang terkandung dalam teks. Umumnya mengacu pada definisi atau akar penyebab dari suatu fenomena yang sedang terjadi.

2. Penjelasan

Kemudian muncul bagian penjelasan, yang menjelaskan intisari konten yang tersedia. Bagian ini menguraikan urutan kejadian secara lebih jelas dan rinci. Bagian penjelasan biasanya memuat urutan sebab dan akibat.

3. Interpretasi

Tafsir berisi pendapat atau kesimpulan penulis. Bagian interpretatif bersifat opsional dan mungkin ada atau tidak.


Jenis-jenis teks eksplanasi

Teks eksplanasi dibagi menjadi empat jenis:

1. Penjelasan berurutan

Artinya, semacam teks eksplanasi yang menjelaskan berbagai tahapan suatu fenomena tertentu. Misalnya teks tentang urutan siklus dalam rantai makanan.

2. Penjelasan sebab akibat

Merupakan suatu bentuk teks yang menjelaskan asal muasal atau sebab-sebab suatu peristiwa. Seperti artikel tentang proses terbentuknya air hujan.

3. Penjelasan teoritis

Ini merupakan teks penjelasan yang memuat kemungkinan-kemungkinan yang mungkin timbul setelah terjadinya fenomena tersebut. Misalnya, letusan gunung berapi bisa memicu bencana baru.

Terima kasih sudah mau mendengarkan penjelasan aku tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Eksplanasi yang bisa menambah wawasan akmu sebelum membuat suatu teks.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube