header-int

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja! Wajib Kau Ketahui! Mari Simak Penjelasan Di Bawah!

Kamis, 14 Mar 2024, 14:01:44 WIB - 378 View
Share
Cara Bikin Surat Lamaran Kerja! Wajib Kau Ketahui! Mari Simak Penjelasan Di Bawah!

Bagi kami yang baru saja lulus dan belum mengetahuinya, melamar pekerjaan  menggunakan Surat lamaran merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh para pencari kerja. Calon karyawan akan diusulkan berdasarkan keahliannya atau dalam perusahaan. Hal ini dapat dinyatakan dalam dokumen resmi atau dalam dokumen resmi yang ditandatangani pada saat proses wawancara.

Langkah-langkah menulis surat lamaran

Siapkan selembar kertas bergaris yang masih bersih dan rapi. Pastikan juga Anda mendapatkan pena dengan tinta yang lebih realistis.
Pertama, tulislah contoh surat lamaran yang telah Anda pelajari. Anda bisa berlatih terlebih dahulu. Agar tidak terjadi error dan tidak perlu dihapus.
Setelah Anda menyelesaikan persiapan Anda, sekarang saatnya menulis surat. Jangan lupa menambahkan salam sebelum membuka isi surat.
Perkenalkan diri Anda secara singkat dan jelaskan pendidikan dan referensi profesional Anda.
Jelaskan secara singkat keahlian Anda dan tunjukkan posisi yang Anda lamar.
Tulis juga lampirannya di surat tersebut.
Jika iya, kalimat penutup yang bagus dan saya harap Anda bisa bekerja di perusahaan tersebut.
Tulis salam Anda, nama lengkap dan tanda tangan Anda.
Jika ya, koreksilah dan pastikan tidak ada kesalahan. Jika Anda melihat ada kesalahan penulisan, sebaiknya buat yang baru di selembar kertas lain.
Anda dapat menggunakan langkah-langkah di atas untuk menulis surat lamaran melalui email atau sebagai dokumen. Hanya media penulisan hurufnya saja yang berbeda, namun tata bahasa, pola, dan struktur kalimatnya tetap sama.

Format surat lamaran

Surat lamaran memungkinkan karyawan perusahaan lebih mudah mengidentifikasi kandidat. Oleh karena itu, saat membuat format resume di Kami, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Tempat dan tanggal penulisanb

Pertama, kami dapat mencatat lokasi dan tanggal surat permintaan yang akan ditulis. Letakkan di kanan atau kiri atas surat dan jangan menyingkat apapun, tempat atau tanggal.

2. Perihal surat, nama lengkap dan alamat perusahaan yang dituju.

Saat menyatakan tujuan surat, tulis saja "Yang Terhormat Tuan atau Nyonya" atau "Yang Terhormat Tuan atau Nyonya". Kemudian berpindah ke posisi menerima surat. Akan lebih baik jika kami mengetahui siapa yang menerima resume tersebut agar lebih pribadi. Kemudian tepat di bawah tujuan surat dituliskan nama lengkap dan alamat perusahaan yang bersangkutan.

3. Sambutan atau pembukaan dan perkenalan

sesudah selesai merumuskan arah lamaran/tujuan, lanjut membuat kata-kata sambutan yang menarik dan sopan. Namun, sebelum kami mulai membuat konten, kami perlu menulis salam atau pesan selamat datang.
kami dapat menggunakan pesan pembuka seperti “Terima kasih” karena bersifat universal dan umum digunakan. Setelah kami menuliskan salam awal, Anda bisa langsung menjelaskan sumber informasi tentang posisi yang Anda lamar.

4. Informasi pribadi pribadi

kami kemudian harus menuliskan identitasnya. kami harus memberikan informasi seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir (TTL), tingkat pendidikan terakhir, alamat email dan nomor ponsel.

5. Pengalaman profesional, keunggulan atau keterampilan lainnya.

Setelah Anda mengirimkan informasi pribadi Anda, kami dapat memasukkan pengalaman dan pengetahuan profesional Anda. Cobalah untuk menggambarkan keterampilan yang sesuai dengan peran yang Anda lamar di kami untuk memaksimalkan peluang Anda untuk dilihat oleh tim perekrutan.

6. Kesimpulan

Pada bagian terakhir, disarankan untuk menulis keinginan kami untuk diterima dan diakhiri dengan ucapan terima kasih. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan dan nama lengkap kami di amplopnya ya.


Samapi sin dulu penjelasana kami tentang Cara Bikin Surat Lamaran. Semoga Bermanfaat.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube