header-int

Contoh Surat Resmi Yang Harus Kamu Tau!

Senin, 11 Mar 2024, 15:12:03 WIB - 146 View
Share
Contoh Surat Resmi Yang Harus Kamu Tau!

 

Menulis dokumen resmi


Saat menulis surat, perlu mengikuti formulir. Jika ingin menulis Surat Resmi, Cledo harus mengikuti bentuk penulisannya. Berikut surat resmi yang harus diikuti Cledo:

1. Dokumen hidup

Dokumen resmi pertama yang harus disiapkan adalah yang disebut draft atau surat. Kop surat juga mencantumkan informasi kontak perusahaan, termasuk nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan situs web perusahaan. Beberapa perusahaan menyertakan logo perusahaan mereka dalam dokumentasi jika perlu.

2. Tanggal pendaftaran

Digit kedua surat resmi adalah tanggal surat tersebut. Pencantuman surat dalam pencatatan resmi dimaksudkan agar penerima surat mengetahui kapan surat itu ditulis. Pada saat surat ini ditulis, penerima dapat mengevaluasi kesesuaian isi surat.

3. Nomor berkas

Siapa pun yang mencantumkan nomor pada huruf pertama adalah presiden perusahaan. Surat ini berisi kode yang penting bagi perusahaan Anda. Mulai dari penerbitan surat, mencantumkan nama perusahaan, alasan penulisan surat, nomor tiket, dll.

4. Kombinasi bahan

Bagian lampiran memuat jumlah lampiran yang dicantumkan dalam surat dinas. Lampiran ini biasanya berisi berbagai dokumen antara lain laporan keuangan, foto, kegiatan dan dokumen lainnya.

5. Artikel

Artikel adalah bagian surat resmi yang dimaksudkan untuk menyampaikan maksud surat resmi.

6. Alamat

Surat resmi harus mencantumkan dengan jelas alamat mitra Cledo serta mencantumkan nama dan alamat penerima. Jika Cledo Friends tidak mengetahui nama penerima, Cledo Friends dapat memberikan lokasinya.

7. Kata Pengantar

Pernyataan pembuka adalah salah satu pernyataan pembuka yang paling sulit. Pernyataan pembuka ditulis sebagai cara untuk menunjukkan rasa hormat pengirim kepada penerima.

8. Isi dokumennya

Isi makalah merupakan inti makalah yang terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, paragraf, dan kesimpulan. Mungkin Cledo akan mengenalkannya terlebih dahulu. Pada saat yang sama, Cledo sempat menuliskan detail alasan suratnya. Pastikan Cledow menulis surat yang pendek dan ringkas. Kemudian di akhir paragraf, sahabat Cledo dapat menuliskan afirmasi, kesimpulan, harapan, dan rasa syukur.

9. Kesimpulan

Folder yang dibuka pada file resmi digunakan untuk mengisi folder yang dibuka di awal file resmi. Sobat Cledo yang pernah melihat contoh surat resmi perusahaan pasti akan mencari opsi untuk menutup ucapannya. Namun, staf Cledo harus memilih folder terakhir yang sesuai dengan awal surat lamaran.

10. Tanda tangan

Bagian yang tidak boleh dihilangkan dalam dokumen resmi dalam hal ini adalah tanda tangan dan nama pengirim. Untuk memastikannya, sobat Cledo bisa mendonasikan stempel pada tanda tangannya.

11. Buat salinannya

Terakhir, mitra Cledo harus melampirkan salinannya pada surat resmi. Dokumen ini berlaku bagi mereka yang menerima dan perlu mengetahui isi surat resmi.

Nah, tahukah Anda Contoh Menulis Surat Resmi? Saya harap ini bermanfaat, teman-teman.

 

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube