header-int

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan! Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membuat Surat Lamaran Pekerjaan!

Jumat, 19 Apr 2024, 17:42:44 WIB - 224 View
Share
Struktur Surat Lamaran Pekerjaan! Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membuat Surat Lamaran Pekerjaan!

Surat lamaran biasanya menggambarkan keinginan kandidat untuk bekerja di suatu instansi atau perusahaan, sedangkan resume merupakan bagian pendukung yang penting, berisi informasi tentang pendidikan dan keterampilan kandidat.

Struktur surat permintaan.

1. Tempat dan tanggal

Dalam surat permintaan, tempat dan tanggal dapat dicantumkan secara lengkap di kanan atas. Bagian ini tidak perlu titik karena bukan kalimat.
Contoh: Jakarta, 7 Januari 2021

2. Artikel dan lampiran 

Bagian Artikel dan Lampiran dapat ditempatkan di sebelah kiri. Bagian “Artikel” diakhiri dengan pertanyaan. Kemudian isi bagian Lampiran dengan jumlah dokumen yang ingin dilampirkan.
Misalnya:
Perihal: lamaran pekerjaan
Lampiran: 2

3. Tujuan dan alamat pos

Setelah menulis lampiran, pemohon harus menyebutkan tujuan surat, yaitu penerima surat dan alamat pos. Biasanya penerima surat tidak didampingi ayah atau ibunya. Penerima ditangani berdasarkan kualifikasi profesional saja.
Alamat pos tidak boleh lebih dari tiga baris dan tidak boleh mengandung titik. Jalur yang tertulis pada alamat tidak boleh diperpendek.
Misalnya:
direktur PT Toco.id yang terhormat
Rencana perjalanan Asia no. 12
Jakarta

4. Salam pembuka

Sebelum menulis konten, Anda harus menyertakan pesan pengantar. Ucapan yang umum digunakan adalah “Hormat kami.” Pastikan untuk menambahkan koma setelah salam.
Misalnya:
Salam.

5. Paragraf pengantar

Di paragraf pertama Anda dapat menjelaskan sumber informasi Anda tentang pekerjaan yang Anda lamar. Pastikan Anda menggunakan bahasa yang sopan dan formal agar tidak menyinggung.
Misalnya:
Informasi terkait lowongan kerja ada di website resmi PT. Toco.id, saya login:

6. Mengisi

Konten dibagi menjadi tiga bagian: identitas, target aplikasi, dan file.
penanda buku
Di bagian “Identitas” Anda dapat memasukkan informasi pribadi seperti nama, tempat lahir, alamat, pendidikan terakhir, kontak, dll.
Misalnya:
Nama: Lala
Tempat lahir, tanggal lahir : Jakarta, 22 Februari 1997
Pendidikan: Gelar sarjana komunikasi dari universitas.
Alamat: Jalan Maju No.12, Jakarta
Bukan.PS:08128888888
Email: [email protected]
volume
Kemudian jelaskan alasan Anda melamar di sana. Anda juga bisa menjelaskan keahlian Anda. Namun pastikan keahlian Anda sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.
untuk merekam
Pada bagian "File" Anda dapat menulis lampiran seperti CV, Ijazah, Fotocopy KTP, Sertifikat, SKCK, dll.
Misalnya:

1.CV
2. Ijazah

7. Kesimpulan

Bagian terakhir dapat diisi dengan harapan diterima di perusahaan dan ucapan terima kasih.
Misalnya:
Inilah sebabnya saya menulis surat ini. Saya harap saya dapat diterima di perusahaan ini. Makasih atas pujiannya.

8. Tanda tangan dan nama

Setelah Anda selesai menulis surat, Anda dapat menambahkan tanda tangan dan nama Anda. Tulis juga kata “Terima kasih” sebelum menulis tanda tangan Anda.
Misalnya:
Salam,
Memasuki
La la
Berikut ini pembahasan mengenai Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang pasti Anda perlukan saat menulis surat lamaran.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube