Fungsi sertifikat perusahaan
Selain modal, ada juga dokumen atau surat legal yang perlu dipersiapkan jika ingin memulai usaha. Untuk mendapatkan pinjaman modal kerja dari bank atau lembaga keuangan lainnya, Anda memerlukan SKU atau sertifikat usaha.
SKU juga harus mengajukan bantuan langsung tunai atau dukungan UMKM dari pemerintah. Di sini Anda akan menemukan semua fungsi SKU untuk perusahaan Anda:
Bukti legalitas perusahaan
Sebagai prasyarat untuk mengajukan pinjaman dan kredit
Dokumen tambahan mengenai kebutuhan modal kerja
Buat NPWP untuk perusahaan Anda
Dokumen yang membuktikan perubahan tarif listrik bagi perorangan dan perusahaan swasta.
SKU akan dikirimkan oleh pemilik bisnis di negara tempat bisnis tersebut berada. Dokumen yang wajib dilampirkan pada saat pengurusan SKU adalah:
Dokumen untuk memproses dokumen perusahaan.
Sebelum izin usaha diproses di kantor kabupaten atau kota, diperlukan bukti-bukti sebagai berikut:
Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopinya.
KK asli (kartu keluarga) dan fotokopi
Surat pengantar dari RT dan RW
Surat permohonan pembuatan SKU.
Secara umum, itulah empat dokumen pendukung yang diperlukan untuk pemrosesan SKU. Namun, ada peraturan daerah di beberapa daerah. Dokumen pendukung yang diperlukan bisa kurang lebih banyak, misalnya saja yang dibutuhkan hanyalah KTP, KTP, dan surat lamaran.
Cara mengelola sertifikat perusahaan secara offline
Setelah menyiapkan KTP dan KK asli serta fotokopinya, ikuti langkah-langkah pengurusan SKU:
1. Mengurus surat pengantar RT dan RW
Langkah pertama dalam pengurusan SKU adalah menerima surat lamaran dari RT dan RW. Anda hanya perlu menghubungi pengurus RT dan RW tempat perusahaan Anda berada. Pengurus RT dan RW kemudian membuat formulir yang harus diisi dan disetujui dengan tanda tangan dan stempel. Setelah Anda menerima surat inisiasi, Anda harus menghubungi hakim pengadilan negeri.
2. Buat permintaan SKU di kanton
Formulir permohonan SKU disediakan oleh Hakim Pengadilan Negeri. Pastikan untuk mengisi formulir yang disediakan dengan benar karena informasi ini disimpan dalam dokumen resmi pemerintah dan sertifikat perusahaan. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda akan kesulitan mengajukan pinjaman atau menerima dukungan modal usaha dari pemerintah.
3. Validasi SKU di kabupaten
Tahap akhir pembuatan SKU berlangsung di kantor kecamatan. Peraturan daerah mengesahkan SKU dengan menambahkan segel. Waktu pemrosesan SKU bergantung pada wilayah tempat Anda berada. Prangko wilayah juga memuat nomor huruf.
itulah penjelasan Tentang Surat Keteranagn Usaha yang pasti kamu butuhkan saat membuat usaha.