header-int

Tanggal 14 Februari Hari Apa? Yang Haru Kamu Ketauhi!

Minggu, 24 Mar 2024, 11:26:40 WIB - 230 View
Share
Tanggal 14 Februari Hari Apa? Yang Haru Kamu Ketauhi!

14 Februari Hari Apa?

Hari Pemberontakan PETA

Tanggal 14 Februari adalah Hari Pasukan Pertahanan Nasional (PETA). Kemudian pada tanggal 14 Februari 1945 terjadi kerusuhan di Blitar. Pasukan PETA yang dilatih Jepang untuk ikut serta dalam Perang Dunia II menimbulkan kerusuhan. Keputusan ini didasarkan pada perlakuan diskriminatif Jepang terhadap penduduk Indonesia, penerapan sistem kerja paksa (Romusha), seringnya penyitaan produk pertanian, dan pelecehan terhadap perempuan Indonesia. Pada tanggal 14 Februari 1944 dini hari, rombongan yang dipimpin Supriyadi melepaskan tembakan ke sasaran yang telah ditentukan sebelumnya yaitu gudang, gedung Kenpeitai dan hotel Jepang.

Para prajurit kemudian meninggalkan kota dalam empat kelompok. Sayangnya, Supriyadi dan kawan-kawan tidak dapat mengerahkan unit lain untuk melakukan pemberontakan dan Jepang mengetahui rencana mereka. Jepang segera mengirimkan militer untuk memadamkan pemberontakan PETA. Pada tanggal 16 Mei 1945, di Ancol, total 6 orang dijatuhi hukuman mati, 6 orang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, dan sisanya dijatuhi hukuman sesuai dengan tingkat kesalahannya. Ironisnya, nasib Supriyadi belum diketahui. Supriyadi menghilang secara misterius. Untuk mengenang kepahlawanan para pejuang PETA, didirikan monumen PETA di Blitar pada tahun 1998.

Hari Valentine

Hari Valentine adalah hari yang dirayakan di indonesia dan seluruh dunia juga merayakannya bertepatan setiap tanggal 14 Februari. Hari Valentine ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Menurut National Today, asal muasalnya berasal dari pesta santo pelindungnya, Saint Valentine, yang dirayakan oleh Gereja Katolik pada tahun 496 Masehi. Beberapa orang percaya bahwa Hari Valentine berasal dari seorang pendeta yang mati syahid oleh Kaisar Claudius II sang Goth. Sekitar tahun 270 Masehi.

Sekitar tahun 1400, hari ini mulai dikaitkan dengan romantisme. Sejak saat itu, bermunculan cara-cara mengungkapkan kasih sayang, seperti pesan tulisan tangan dan puisi yang mengungkapkan perasaan. Kartu Hari Valentine mulai diproduksi secara komersial pada pertengahan abad ke-19, dan hadiah tradisionalnya berupa permen dan bunga, terutama mawar merah, yang melambangkan cinta dan keindahan. Saat ini, Hari Valentine merupakan perayaan yang tersebar di seluruh dunia. Terlepas dari kelompoknya, semua orang merayakan Hari Valentine.

Terima kasih sudah mendengar artikel dari aku tentang Tanggal 14 Februari Hari Apa yang rata rata orang pasti sudah tau apalagi yang punya pasangan jadi sampai sini dulu saya ucapkan terima kasih sekali lagi.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube